Breaking

Saturday, February 29, 2020

SIAP SUKSESKAN KONFERENSI WILAYAH IPPNU JAWA BARAT (KONFERWIL)


PIMPINAN CABANG IPPNU KABUPATEN GARUT SIAP ORASI DAN AKSI  PEDULI LINGKUNGAN PADA 300 TITIK DI KABUPATEN GARUT

Dalam serangkaian Hari Lahir IPPNU ke-65 dan serangkaian kegiatan KONFERWIL (Konferensi Wilayah)  IPPNU Jawa Barat ke-18. Pimpinan Cabang IPPNU Garut turut andil dalam memeriahkan Hari Lahir IPPNU dan Konferwil IPPNU Jawa Barat yang mengusung tema “Gerakan Milenial Wujudkan Zero Waste Life Style”. Yang dimana pada tema tersebut memiliki tujuan yang sangat luas terhadap lingkungan. Orasi ini akan berlangsung serentak pada tanggal 1-3 Maret 2020 di 300 titk sekolah, pondok pesantren, madrasah dan lingkungan masyarakat lainnya.

       Karna yang kita ketahui bahwa masalah penumpukan sampah terutama sampah pelastik masih menjadi permasalahan yang selalu berputar-putar. Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan bahwa sampah yang dihasilkan di Indonesia pertahunnya adalah 64 juta ton atau 175 ribu ton perhari. TPA dihuni oleh jutaan ton sampah yang tidak dapat terurai dalam waktu cepat bahkan di daur ulang. Khususnya di Garut peningkatan jumlah sampah mecapai 1000 ton perhari berdasarkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kab. Garut. Tentunya itu adalah angka yang sangat fantastis dan memprihatinkan.

Maka dari itu kami sebagai generasi muda terutama kader pelajar putri NU khususnya di Garut wajib menerapkan nilai-nilai kesadaran dalam menjaga lingkungan. Mulai dari membuang samapah pada tempatnya, membiasakan diri untuk menggunakan botol minum (tumbler bottle), menggunakan tas belanja, mengurangi dan mengendalikan diri dari penggunaan material sekali pakai terutama plastik.
“kami akan melakukan orasi dan aksi peduli lingkungan di garut yang jumlahnya mencapai 300 titik. Kegiatan ini serentak akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 Maret 2020, tidak hanya pengurus cabang saja yang melakukan orasi dan aksi ini tetapi PAC IPPNU (Pimpinan Anak Cabang) se - Garut diikut sertakan melakukan orasi dan aksi di masing-masing daerahnya. Kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya kita menjaga bumi melalui gaya hidup Zero Waste ini” jelas Rekanita Alis Suminar selaku Koordinator Orasi dan Aksi.
Semoga dengan adanya aksi dan orasi peduli lingkungan ini bukan hanya sebagai orasi saja tetapi bisa menjadi aksi nyata yang dituangkan oleh Pelajar Putri NU Garut dan bisa menjadi contoh kepada teman-teman yang lain. Tutup penulis.

Gina Rhahmawati

No comments:

Post a Comment